Kunci berkendara hemat bahan bakar bukan hanya teknik “menyekolahkan” kaki saat menginjak pedal gas. Pengemudi juga wajib mengetahui perilaku pengereman agar konsumsi bahan bakar tetap efisien.
Menurut Instruktur Berkendara BMW, Gerry Nasution, setidaknya ada dua hal yang perlu diperhatikan agar pengereman kendaraan tetap optimal. Dan pada saat yang bersamaan efisiensi bahan bakar tetap terjaga.
Cara Pengeraman Mobil Matik dan Manual
Caranya untuk mobil matik, prediksi jarak pengereman sebelum berhenti, selanjutnya lepas gas dan biarkan mobil cruising. Karena mobil matik saat mengurangi lajutidak ada down shiftingatau turun gigi. Setelahnya atur porsi injakkan pedal rem, hindari terlalu dini menginjak rem terlalu dalam. Karena pada saat itu lah mesin membutuhkan tenaga untuk menghentikan laju.
Baik mobil manual atau matik kuncinya itu memaksimalkan jeda waktu sesaat sebelum berhenti. Yang berarti prediksikan jarak berhenti sehingga memanfaatkan momentum kendaraan ketika coasting. Selebihnya hindari pengereman secara mendadak.
Mobil matik kalau mau ngerem kasih jeda pengereman, intinya kalau mau irit kurangi beban mesin. Nah untuk pengereman ini biarkan jaga momentum sebelum berhenti, manfaatkan ‘coasting mode’ karena mobil matik tidak ada down shifting, angkat gasnya biar cruisingsehingga turunnya putaran mesin karena gaya hambatan dan gesek permukaan ban ke jalan.
Kalau mobil manual lebih gampang lagi, injak kopling berarti mesinnya idlekan, nah tapi jangan turunin gigi, yang ada malah putaran mesin jadi tinggi. Biarkan mobil coastingsetelahnya atur injakkan rem. Tapi ingat, perilaku ini hanya untuk pengereman yang sudah diprediksi titik berhentinya sehingga kontrol kendaraan hingga berhenti masih terjaga.
Bila beban mobil lebih berat karena jumlah penumpang maupun barang lainnya, maka jarak pengeraman harus lebih panjang untuk memanfaatkan momentum pengurangan laju. Mobil dengan bobot yang berlebih tidak hanya boros saat akselerasi tapi juga boros saat deselarasi, karena membutuhkan tenaga lebih untuk memperlambat laju, untuk itu manfaatkan jarak yang lebih panjang karena mobil yang lebih berat butuh waktu lebih lama saat coasting sebelum berhenti.