6 Langkah Aman Parkir Motor di Tanjakan atau Turunan
15 August 2018
by tokomobil.id
6 Langkah Aman Parkir Motor di Tanjakan atau Turunan-tokomobil

6 Langkah Aman Parkir Motor di Tanjakan atau Turunan

Tempat parkir yang terbatas tentu memaksa sejumlah pengendara untuk memarkirkan kendaraan pada tempat-tempat yang tidak lazim. Contohnya memarkirkan sepeda motor pada medan jalan yang menanjak atau menurun.

Untuk memarkirkan sepeda motor pada medan jalan yang seperti ini, perhatikan beberapa teknik untuk menahan pergerakan ban motor agar tidak meluncur bebas.

1. Pastikan aman dari kondisi lalu lintas

Apabila terpaksa parkir di medan jalan yang menanjak atau menurun, selalu pastikan area parkir bebas dari arus lalu lintas, atau setidaknya tidak mengganggu arus lalu lintas.

Teknisnya kalau menemui situasi ini, usahakan parkir di permukaan yang datar, kalau tidak ada pilihan lain harus parkir di tanjakan atau turunan, pastikan aman dari spot lalu lintas atau titik keramaian.

2. Masukkan gigi sebelum meninggalkan motor

Setelah memastikan kondisi aman, Anda dapat memarkirkan sepeda motor. Nah, sebelum meninggalkannya, masukkan gigi satu untuk menahan gerak atau mengunci putaran roda penggerak agar tidak meluncur bebas.

3. Gunakan side stand atau standar samping

Selain itu, perhatikan pula untuk menggunakan standar samping saja. Penggunaan standar tengah tentu akan menyulitkan dan juga membahayakan karena permukaan jalan yang tidak datar.

Terlebih saat hendak mengaktifkan standar tengah dan posisi tidak seimbang, yang terjadi selanjutnya kemungkinan akan terjatuh.

4. Setang dibelokan ke arah standar samping (titik gravitasi)

Setelah standar samping diaktifkan, jangan lupa untuk mebelokkan setang ke arah miringnya kendaraan untuk menjaga titik gravitasi motor.

Pastikan bobot kendaraan (setang) ditekuk ke arah standar samping, jangan ditekuk ke kanan, roda depan kalau dibelokin kanan akan labil, harus di titik arah pusat gravitasi, yaitu belokkan ke arah miringnya kendaraan.

5. Khusus matik, aktifkan parking brake lock

Apabila motor Anda matik dan tersedia parking brake lock, gunakan sistem pengereman tersebut. Biasanya motor matik ada sistem untuk mengunci pengereman, nah itu bisa digunakan untuk menahan laju. Apabila tidak tersedia mekanisme tersebut, sebaiknya jangan parkir di medan tanjakan atau turunan, karena tidak ada sistem pengaman lain untuk menahan pergerakan roda.

6. Ganjal ban bila tersedia material pengganjal

Terakhir untuk memastikan kendaraan tidak meluncur bebas, sebaiknya ganjal ban dengan balok kayu atau batu bila tersedia. Rekomendasi sekali kalau ban motor bisa terganjal, cuma kan biasanya enggak ada pengganjalnya, kalau ada sebaiknya dipasang.