10 Mobil Bekas Yang Paling Sering Dicari Orang Indonesia
Admin digital marketing | 06 March 2019  

Berdasarkan temuan Priceza –perusahaan shopping search engine– yang dilakukan selama periode Januari-Desember tahun lalu ditemukan fakta menarik seputar kebiasaan konsumen saat membandingkan pencarian mobil baru dan bekas. Berdasarkan data Priceza, mobil bekas yang paling banyak dicari adalah Toyota Innova Diesel keluaran 2011, dengan persentase fenomenal 57.9%.

“Artinya, satu dari dua orang yang mencari mobil bekas, secara spesifik mencari model tersebut,” tulis keterangan perusahaan.

Urutan kedua adalah Ford model EcoSport 2014 (7.9%). Kehadirannya bersama Hyundai All New Tucson 2016 (2.6%) di posisi tujuh menunjukkan pesona langka dari merek Amerika dan Korea Selatan di tengah dominasi mobil-mobil Jepang.

Temuan menarik juga terlihat pada Honda Jazz 2014 (2.6%) yang ‘hanya’ menduduki peringkat 10, dibandingkan model Honda Jazz yang merupakan mobil baru terpopuler. Ini menunjukkan masyarakat cenderung lebih berminat pada model ini sebagai mobil baru, bukan bekas.

Toyota Avanza 2014 (7.9%) menunjukkan stabilitas di posisi tiga, tidak jauh berbeda dengan posisinya di pasar mobil baru. Sementara Daihatsu Xenia 2005 (2.6%) justru merosot berada di nomor 8.

Adapun kehadiran Toyota di papan atas daftar ini mengkonfirmasi persepsi yang beredar bahwa merek ini memang memiliki pasar yang baik ketika ‘dijual kembali’.

Terakhir, tentang pencarian aksesori  atau sparepart mobil. Berdasarkan data Priceza, shockbreaker (27.2%) adalah aksesori yang paling banyak dicari, diikuti oleh bearing roda (12.3%) dan kampas kopling (10.4%). Ini menunjukkan prioritas pencarian sparepart di Indonesia berorientasi pada ‘kenyamanan berkendara’ atau fungsionalitas.